Banjarmasin, Gardamedialine.com
Ombudsman Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan sigap merespon keluhan warga terkait kerusakan jalan dan retaknya rumah di Mantuil, Banjarmasin Selatan. Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel, Hadi Rahman, memberikan panduan kepada warga untuk mengatasi permasalahan ini.
Hadi Rahman menyarankan agar warga dapat mengusulkan perbaikan jalan melalui musyawarah kelurahan. Selain itu, mereka juga bisa langsung menyampaikan keluhan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Banjarmasin agar dapat segera dieksekusi.
"Jika tidak mendapatkan respons atau layanan yang memadai, warga diharapkan untuk menyampaikan keluhan ke Ombudsman," tegas Hadi dalam pesan singkatnya di grup WhatsApp, Sabtu (6/1/2024) sore.
Terkait kompensasi, Hadi menyarankan pihak kelurahan atau kecamatan untuk memfasilitasi mediasi antara perusahaan yang diduga bertanggung jawab dengan warga terdampak.
"Hal ini dapat dilakukan di Kelurahan dan Kecamatan di Banjarmasin, di mana telah tersedia Sumber Daya Manusia yang dilatih dan kompeten dalam mediasi serta resolusi konflik," tambah Hadi.(juns)