Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SDN Purworejo Temanggung Gelar Karya, Optimalisasikan Talenta Siswa dan Kembangkan Seni Budaya

Kamis, 11 Januari 2024 | Januari 11, 2024 WIB Last Updated 2024-01-15T04:31:16Z
TEMANGGUNG, Gardamedialine.com

 SD Negeri Purworejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah melaksanakan Gelar Karya sebagai bentuk laporan hasil kegiatan selama kurung waktu pembelajaran 2023. Kegiatan dilaksanakan dengan ekspose hasil karya siswa dan pentas seni budaya, di halaman sekolah, Kamis 11 Januari 2024
Tema yang di canangkan dalam gelar karya tersebut adalah  Optimalisasi Potensi Siswa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka SD Negeri Purworejo. 
Hadir dalam kesempatan tersebut sekretaris Disdikpora Temanggung, pengawas pendidikan SD, tokoh masyarakat, komite sekolah beserta orang tua siswa dan kepala kelurahan beserta perangkatnya. 

Kepala SD Negeri Purworejo Wagiyem mengatakan, tujuan kegiatan gelar karya adalah memberikan motivasi kepada siswa untuk berani menampilkan karyanya sekaligus menunjukkan hasil kebersamaan dalam setiap kelas hingga terwujud penampilan karya, baik stand dari kelas 1 sampai kelas 6, maupun petas seni budaya yang dibagi dalam 12 pementasan. 
Selain itu gelar karya siswa juga bagian dari implementasi kurikulum merdeka yang ditunjukkan kepada masyarakat dalam bentuk anjungan berisi hasil kreativitas siswa.
Kelompok karya siswa yang ditampilkan dalam stand diantaranya berupa hasil kreativitas siswa berupa barang kerajinan seperti patung dari sabun, miniatur dari tepung, kerajinan dari limbah plastik, alat peraga matematika, dan praktek home industri. 

Sekretaris Disdikpora Temanggung Fahmi Hidayat menyampaikan apresiasi terhadap gelar karya SDN Purworejo yang memadukan penampilan karya kreativitas dengan penampilan seni budaya sebagai unjuk bukti adanya bakat para siswa dibidang masing-masing. 
Implementasi kurikulum merdeka dengan Gelar Karya, mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan kreatif, berkolaborasi dengan orang lain, dan menghasilkan karya nyata.
Proses pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka tidak saja diarahkan untuk meningkatkan kompetensi Peserta didik tetapi juga memberikan keterampilan tambahan kepada peserta didik, salah satunya menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui kegiatan gelar karya.

Dimensi yang di tanamkan dalam kegiatan gelar karya adalah jiwa kewirausahaan, gotong royong, bernalar kritis, kreatif dan melestarikan seni budaya seperti kuda lumping idakep, topeng ireng, warokan dan tari kreasi lainnya. 
Ana Zahra wali siswa kelas 4 menyatakan kegembiraan nya melihat anaknya ternyata memiliki bakat seni dan jiwa kreativitas nya bertumbuh berkat adanya gelar karya. 
Sejumlah 6 stand gelar karya juga didukung oleh Komite Sekolah yang menampilkan produk UMKM terkenal Desa Purworejo yaitu aneka Criping olahan dari bahan ubi, ketela pohon dan kimpul. Selain itu juga makanan ringan karya ibu rumah tangga berupa cireng, kue lapis, brownis dan aneka minuman. (Budhy Sanjaya)